SURGA DI TEMPAT KERJA

SURGA DI TEMPAT KERJA

  Inspirasi Diri

Orang yang berbahagia di tempat kerja biasanya menjadi jauh lebih produktif di banding dengan orang yang tidak berbahagia, baik dengan pekarjaan, lingkungan atau tempat kerjanya. Perasaan bahagia itu dapat menghasilkan energi positif dan kepercayaan diri untuk menjalankan rutinitas kehidupan dan pekerjaan dengan totalitas. Lingkungan kerja yang diisi oleh orang-orang bahagia selalu memiliki gairah untuk menjadi lebih produktif.


Ada sebuah penelitian oleh para ekonom di Universitas Warwick menemukan bahwa kebahagian membuat para pekerja 12% lebih produktif. Sedangkan para pekerja yang tidak bahagia ternyata malah 10% lebih tidak produktif.


img-1514902326.jpg


Rata-rata kita menghabiskan 8 jam sehari di tempat kerja atau lingkungan pekerjaan. Di tambah dengan jarak tempuh rumah ke kantor, bisa jadi 10-12 jam. Bayangkan bahwa itu adalah separuh hidup kita dalam sehari. Bila kita menganggap bahwa pekerjaan kita bukanlah hal yang menyenangkan, artinya kita sudah membuang separuh hidup kita dalam sehari hanya untuk bersedih, tertekan, stress dan lebih parah lagi tidak menghasilkan.


Bagaimana cara untuk menciptakan hal tersebut:


1.    Dirimu sendirilah yang menciptakannya

Manajemen perusahaan juga berperan dalam hal ini. Namun hanya sekedar menfasilitasi saja. Semua ini akan kembali kepada dirimu sendiri untuk menciptakan kesenangan dan kebahagiaan. Bagaimana mindset dan pola pikir kamu terhadap berkerja. Belajarlah untuk terus menyukai apa yang kamu kerjakan. Cari selalu nilai nilai positif dari tempat kamu bekerja. Dan berfokuslah pada nilai tersebut.

Gambaran ideal dari tempat kerja yang menyenangkan bagi kamu adalah dirimu sendiri yang paling mengetahuinya. Maka berperan aktiflah dalam hal tersebut. Ciptakan sendiri gambaran tempat kerja yang ideal bagimu, selama itutidak melanggar aturan perusahaan. Bahkan kamu pun bisa berperan aktif memberikan usul kepada manajemen, apa yang membuat kamu dan rekan rekan lain menjadi nyaman di tempat bekerja.  


2.    Berhenti mengeluh tentang segala hal.

Ketika mengeluh kita tak akan mengubah apapun. Mengeluh hanya akan menjadikan masalah menjadi semakin terasa berat, dan membuat tempat kerja menjadi jauh dari menyenangkan. Banyak mengeluh pun akan menurunkan kredibilitas kamu sebagai personal ataupun professional di dunia kerja. Tidak akan ada rekan kerja yang nyaman, bila kamu hanya terus bicara dan menyampaikan keluhanmu kepadanya tentang segala hal. Hal ini justru akan membuat rekan kerja menjadi antipasti dan membuat masalahmu menjadi semakin besar. Bila ada keluhan atau masalah maka bicarakanlah pada orang yang tepat dan cari solusinya.


3.    Jadilah “team player”

Jadilah sahabat yang baik bagi rekan kerja dan andalan bagi atasan. Ketika kamu membantu orang lain, niscaya kamu pun akan di bantu dalam kondisi sulit. Jadilah orang yang menyenangkan bagi orang lain dengan selalu membantu. Seorang “team palyer”  adalah menjadi orang yang partisipatif dan aktif untuk berkontribusi. Ijazah sekolah dan kuliah hanyalah tiket masuk dunia kerja, kecerdasan emosi dapat membuat kita dipromosikan, namun kepribadian yang menyenangkanlah yang bisa mengantarkan kita pada kesuksesan.


4.    Sibukan dirimu dengan belajar.

Bila ada masalah di tempat kerja, itu artinya kita masih kekurangan ilmuuntuk mengatasinya. Semakin banyak masalah maka akan semakin tidak nyaman kita dalam bekerja. Oleh karena itu pentingnya kita meningkatkan kemampuan diridalam menyelesaikan masalah dan tantangan dunia kerja. Bila kamu terus belajar,ilmu kamu akan terus meningkat maka kamu akan semakin mudah dan ringan menyelesaikan tugas tugas di kantor. Hal ini akan meringankan beban kerja kamu yang bisa membuat kamu lebih rileks dan santai dalam bekerja. So…. Jangan pernah berhenti belajar dan memperbaiki diri, bila hasil yang didapatkan kamu adalah selain kebahagiaan juga promosi jabatan.


5.    Ciptakan suasana fun.

Kreatiflah dalam menciptakan suasana menyenangkan bagi dirimu. Misalkan buat meja kerjamu menjadi lebih pribadi. Pasang foto foto pribadi yang membuat kamu semangat atau bahkan tersenyum. Bahkan kamu bisa mengusulkan game atau lomba sederhana hanya ntuk membuat meriah suasana kantor. Namun kembali lagi harus melihat situasi dan kondisi kantor kamu.


Salah satu CEO terkenal di dunia mengatakan “Enjoy your fucking job, be the best and stop complaining. Or go out, don’t be a coward”. Jadi bergeraklah, berubahlah untuk menciptakan kebahagianmu sendiri di tempat kerja. Kalau tidak, maka berani pulalah untuk keluar mencari kebahagiaan kerja di tempat lain. Selama kamu masih menjadi manusia, dan bukan pohon, maka bergeraklah untuk menciptakan surga di tempat kerja.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook

Kontak

Jakarta
081212285285
demo@template.com

Bantuan

Langganan

Back to Top