GOOD ENTREPRENEUR CREATE, GREAT ENTREPRENEUR STEAL?

GOOD ENTREPRENEUR CREATE, GREAT ENTREPRENEUR STEAL?

  Bisnis

Bener gak seh kalimat diatas?


Kejam amat ya bisnis kalau bener begitu
Sebenarnya kalimat diatas adalah adaptasi dari sebuah kalimat fenomenal dari Pablo Picasso : "GOOD ARTIST COPY, GREAT ARTIST STEAL"




Kita ketahui betapa banyak pebisnis sukses yang ternyata berhasil bukan karena ide orisinal-nya sendiri
Banyak cerita beredar bahwa ide Steve Jobs ketika mencipatakan Macintosh adalah meniru ide dari XEROX. Jobs adalah orang pertama yang menggunakan komputer dengan grafik menarik yang digerakan tetikus (mouse). Sebenarnya ini adalah ide yang tidak dimanfaatkan oleh Xerox.


Sedangkan Windows ciptaan Bill gates adalah ide curian dari Steve Jobs, ketika Gates meminta Jobs untuk kerja sama mengembangkan komputer. Gates sangat berkesan melihat tampilan grafis dari rancangan macintosh dan saat itu juga mengerahkan tim nya untuk lebih dulu meluncurkan produknya.


Begitu juga dengan Mark Zuckerberg, dimana ide awalnya adalah ketika dia diajak oleh Winklevoss bersaudara untuk mengembangkan situsĀ Harvardconnection.com, yaitu situs yang menghubungkan semua murid di harvard. Mirip bukan dengan faceboook saat ini? namun justru setelah diajak Mark malah mengembangkan sendiri menjadi Facebook.


McDonald pun begitu, diawali oleh McDonald bersaudara. Restoran cepat saji pertama yang menggunakan sistem yang standar sehingga menghasilkan burger dan milkshake dengan rasa yang sama tanpa harus menggu lama. Kemudian dikembangkan oleh Ray Kroc yang begitu jatuh cinta dengan McDonalds ketika ia menjual mesin pembuat Milkshake kepada McDonalds bersaudara. Namun diakhir cerita Ray Kroc berhasil mengembangkan McDonald sambil menendang keluar pemilik aslinya.


Apakah benar bahwa pebisnis selalu kejam begitu?
Apakah harus jadi orang yang kejam untuk bisa sukses?
Berbagai jawaban bisa didapatkan untuk pertanyaan diatas seh.

Tapi kalau nanya saya, ya saya jawab "nggak juga harus kejam kali ah buat sukses mah"

Tapi kenapa ya ada pebisnis sukses yang seperti itu?
Jawabannya mungkin bisa didapatkan dari sebuah artikel yang dirilis oleh Harvard Business Review "WHY BAD GUYS WIN AT WORK?"


Dijelaskan diartikel tersebut ada 3 sifat yang tergabung dalam 3 "dark triad", yaitu 3 sifat buruk itu adalah adalah psikopat, narsisme dan machiavellian. Salah satunya yang disebutkan memiliki sifat-sifat ini adalah Steve Jobs.
Namun hal menariknya menurut penelitian tersebut bahwa selalu ada "bright side" dari sebuah "dark side". Bahwa sifat positif dan negatif tersebut saling tumpang tindih. Orang-orang yang memiliki sifat "dark triad" ini biasanya juga memiliki sifat positif, yaitu terbuka pada pengalaman baru, rasa penasaran dan keingintahuan yang tak terbatas, "self esteem" yang tinggi serta keinginan untuk selalu menang dalam berkompetisi.


Trus harus kejam untuk bisa sukses?
Ya nggak jugalah. Dan percayalah semua pilihan itu selalu ada konsekwensinya. Lagian jangan galfok mas bro..... Sekali lagi orang orang kejam tersebut diatas itu punya sisi keren lainnya. Jadi yang bikin sukses bukanlah mencuri ide atau kejam menendang orang, tapi sifat-sifat positif diatas yang menjadikannya sukses. Bagaimana pebisnis sukses passionate sama impian, kekeh sama tujuan, mengekseskusi semua ide sampai berjalan. Kalau mau sukses ya harus punya semboyan "MENOLAK KALAH, MENOLAK MENYERAH". Percuma nyuri ide juga kalau ga jago action dan eksekusinya


Trus apa yang harus dilakukan kalau ide kita di curi orang?
Ga usah takut karena "ONE CAN STEAL IDEA, BUT NO ONE CAN STEAL EXECUTION OR PASSION". Pada akhirnya eksekusi adalah segalanya, ia yang membedakan sang pemimpi dan sang pemenang.


Salam


Silahkan di share jika dirasa memberi manfaat

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook

Kontak

Jakarta
081212285285
demo@template.com

Bantuan

Langganan

Back to Top